musafir fakir di buayan fikir

Di kitab tua panduan pelayaran, termaktub pesan; "Lemak-Manis itu ilmu, Pahit-maung itu rindu..." (Dikutip dari sajak: Perahu Rindu, Ahmad David Kholilurrahman)

Monday, December 13, 2010

Sajak: Shobah al-Khayr, Andunisiya!

Sajak: Shobah al-Khayr, Andunisiya!

-Farid Gaban dan Ahmad Yunus

Subuh ini
Langit bangun lebih dini
Lekang bintang dan galaksi
Di hamparan duli 'Arsyi
Yang menyangga singgasana Tuhan

Ufuk timur yang mencelang
Menyeduh rindu secangkir kopi
Jambi atau Arabi

Aku ingin membaca koran
dan surat kabar bersabar
Memuat penglihatan cermat
Orang buta dan yang dibutakan

Aku ingin mendengar radio
Menyiarkan pekik teriak
Orang pekak dan yang dipekakkan

Aku ingin menyimak televisi
Yang menayangkan dendang lagu
Orang bisu dan yang dibisukan

Bukan suara politisi dan pejabat
Yang memang penyandang buta, bisu dan pekak abadi

Aku letakkan koran surat kabar
Padamkan radio dan matikan televisi

Bingkas bangkit
Membuka jendela tingkap
Pada rumah sutuh

Aku keluar rumah
Berjalan pagi bertemu udara segar
Masuk mengalir hidung dan paru-paru
Bersitemu tuju; Zamrud Khatulistiwa

Kaum buta sangat cermat melihat
Kaum bisu sangat merdu berlagu
Kaum pekak sangat bijak bersajak

Kami duduk di plasa kota
Menyeduh bercangkir-cangkir
Kopi Jambi atau Arabi

Cairo, 6 Muharram 1432 H/ 13 Desember 2010

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home