musafir fakir di buayan fikir

Di kitab tua panduan pelayaran, termaktub pesan; "Lemak-Manis itu ilmu, Pahit-maung itu rindu..." (Dikutip dari sajak: Perahu Rindu, Ahmad David Kholilurrahman)

Monday, August 17, 2009

Sajak: Aku Tak Menjengukmu, Merdeka!

Sajak: Aku Tak Menjengukmu, Merdeka!

Ahmad David Kholilurrahman

Aku tak menjengukmu, Merdeka!

Pada hari serata negeri merapal tujuh huruf bertuah;
Penuh takzim menggelar upacara
Tiang bendera terpancang dilaman,
Kibaran kain jahitan dua warna,
Kerumunan orang berbaris rapi
Sang pejabat berdiri tegap,
Berpidato menyembur bisa halus
Khalayak ramai pun terbius

Aku tak menjengukmu, Merdeka!

Pada hari serata negeri menghelat ragam perayaan;
Panjat pinang,
Balap karung,
Makan kerupuk,
Pentas panggung goyang biduanita
Para pejabat ikutan tarik suara,
Tunjuk diri pandai menyanyi,
Ditutup pesta bagi-bagi hadiah mimpi

Aku tak menjengukmu, Merdeka!

Pada hari serata negeri mengerang sekarat;
Tanah dan air terjual,
Laut karam,
Pulau tenggelam,
Daulat milik saudagar asing,
Kemiskinan menumbur jalan buntu,
Sekolah-sekolah menutup pintu,
Rumah sakit hanya melayani kaum mampu

Heliopolis, Cairo, 17-18 Agustus 2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home