musafir fakir di buayan fikir

Di kitab tua panduan pelayaran, termaktub pesan; "Lemak-Manis itu ilmu, Pahit-maung itu rindu..." (Dikutip dari sajak: Perahu Rindu, Ahmad David Kholilurrahman)

Sunday, April 18, 2010

Puisi: Negro*

Puisi: Negro*

Malcom X**

Wahai yang mulia lelaki kulit putih
Disana, ada sesuatu yang mesti kau ketahui
Ketika aku lahir, aku berkulit hitam
tatkala aku tumbuh, tetap hitam
dibawah matahari berbayang hitam
tatkala dingin menimpaku, aku hitam
tatkala aku takut berbayang hitam
dalam keadaan sakit aku tetap hitam
Tatkala mati pun aku hitam

Adapun kalian wahai kulit putih
ketika kalian lahir, warna rosa
ketika kalian besar berwarna putih
dibawah bebayang matahari warna kalian merah
ketika dingin menimpa warna kalian biru
ketika takut menjadi kuning
ketika sakit menjadi hijau
Tatkala mati warna kalian debu
Setelah itu kalian kunamai "warna-warni"

*Diterjemah dari edisi Puisi Terjemahan Arab: Aswad, dalam Kumpulan Syair (Likay Tursimu Shuuratun Thaayr wa Qasaaid Ukhraa min as-Sharq wa al-Gharb). DR. Shehab Ghanem, Majalah Dubai ats-Tsaqafah, April 2010

**Malcom X (1925-1965). Pemimpin pergerakan kaum kulit hitam (Negro) Muslim di Amerika Serikat , dibunuh ketika menyampaikan Pidato seperti dalam puisi di atas.

Terjemahan; Ahmad David Kholilurrahman

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home