musafir fakir di buayan fikir

Di kitab tua panduan pelayaran, termaktub pesan; "Lemak-Manis itu ilmu, Pahit-maung itu rindu..." (Dikutip dari sajak: Perahu Rindu, Ahmad David Kholilurrahman)

Wednesday, April 21, 2010

Syair: Kartu Tanda Penduduk**

Syair: Kartu Tanda Penduduk**

Mahmoud Darwish**

Catat!
Aku Arab
Nomor KTPku 5000
Anakku delapan
Ke sembilan…..akan datang selepas musim panas!
*

Catat!
Aku Arab
Bekerja membanting tulang dengan sejawat di pengasingan
Anakku delapan
Mereka tercium setangkup roti
Pakaian dan buku tulis
Dari batu cadas...

Dan tak terjalin persahabatan dari pintumu
Tak secuil
Depan alas bendul-bendulmu
Kenapa marah?
*

Catat!
Aku Arab
Aku nama tanpa gelar
Sabar di negeri yang segalanya
Hidup dengan kemarahan yang seketika
Dasar.........
Sebelum lahir zaman yang teguh
Sebelum terbuka waktu
Sebelum cemara dan zaitun
....Sebelum rumput bergoyang
Ayahku....dari keluarga pembajak ladang
Bukan dari kalangan terpandang

Datukku adalah petani
Tak berpenghasilan....tak bernasab!
Matahari menjulang tinggi mengajariku sebelum membaca buku
Rumahku, gubuk penjaga kebun
Dari kayu dan buluh
Apakah kau merelakan rumahku?
Aku nama tanpa gelar!
*

Catat!
Aku Arab
Warna rambut hitam arang
Warna mata coklat kopi
Ciri khasku:
Kepalaku mengenakan Igal atas kopiah
Dan cukup selaput mata keras seperti cadas....
Menggaruk siapa pun yang menyentuhnya

Alamatku:
Aku dari kampung sunyi....terlupakan
Jalan-jalannya tanpa nama
Setiap lelakinya... di ladang dan pengungsian
Kenapa marah?
*

Catat
Aku Arab
Kurampas logam nenek-moyangku
Dan tanah, aku menjadi petaninya
Aku dan semua anak-anakku
Jangan tinggalkan kami...setiap cucu-cucuku
Serupa batu-batu cadas
Apakah akan diambil
Pemerintahmu....sebagaimana katanya?
Apabila!

Catat.....
Di laman pertama
Aku tak membenci manusia
Tak seorang pun dapat merebut
Tapi aku....jika menimpaku
Kumakan daging pemerkosaku

Awas.....Awas....dari laparku
Dari amukku!!
*

**Diterjemahkan dari judul Syair: Bithaaqah Huwiyah, Rawaa'i al-A'maal Asy-Syi'riyah Mahmoud Darwish, Maktabah al-Usrah, Mahrajan al-Qira'ah lil-Jami', 2004.

**Penyair dan penulis terkemuka Palestina, Lahir di Al-Birwa, Akka (Galilee) (13 Maret 1941-9 Agustus 2008). Berkali-kali dijebloskan dalam jeruji penjara Israel, lantaran Syair-syair perlawanan dan perjuangan membela hak bangsa Palestina.

***(Terjemahan: Ahmad David Kholilurrahman)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home