musafir fakir di buayan fikir

Di kitab tua panduan pelayaran, termaktub pesan; "Lemak-Manis itu ilmu, Pahit-maung itu rindu..." (Dikutip dari sajak: Perahu Rindu, Ahmad David Kholilurrahman)

Tuesday, July 27, 2010

Puisi: Hamzah Barghouty*

Puisi: Hamzah Barghouty*

Dan segera meninggalkan Tanah Air, untuk meninggalkan kenangan
Selamat tinggal Palestina.........
Bagian aku akan berangkat aku tak ingin tinggal...Maka disini aku dilahirkan dengan airmata dan penderitaan
Maaf, aku akan berangkat tak ingin kecintaan...dalam dunia bajingan dan orang-orang dungu
Maka disini telah mati orang-orang angkuh di dalamnya...Dan disini aku hidup mendesah (sebagai) orang asing
Hingga yang mencintainya ......Menuduhku dalam hatiku dan dalam perutku
Celaka lah setiap dua tetes cuka dengan luka kami....merobek para pahlawan dan pembesar
Maka aku yang hidup dalam kehidupan yang susah.......Dan aku bermimpi akan tetap (sebagai) para penyair
Dan aku yang hidup bertahun-tahun dengan hatinya.......Api yang memecahkan kegembiraan masyarakat miskin
Tiada bermimpi di dunia yang aku hidup untuk sebatas ini.....Maka keesokan aku akan mengembara dari tempat kesulitan
Sengaja untuk keuntungan dalam perpisahan pecinta.......Maka jiwa keluar tanpa melihat potongan-potongan
Dan aku berimpian dengan kematian yang aku sangat....Datang untuk mengambil kerianganku dan kebahagianku
Maka aku meratapi diriku yang tak ingin tinggal.....Dan cinta yang dibenci si pengecut
Sesungguhnya anak diriku dalam cintanya.....Terkutuklah cinta untuk orang jahat
Maaf aku pergi, aku tak ingin tinggal.....Maka disini aku mati dengan desahanku dan ratapanku

Hamzah Abdel Qadir al-Barghouty- Ramallah- Palestina

*Penyair Palestina

**Diterjemahkan dari: http://pulpit.alwatanvoice.com/content-203879.html

***Penerjemah: Ahmad David Kholilurrahman



ويغادر ارض الوطن قريبا ليترك ورائه الذكريات
وداعا يا فلسطين.....
قسما سأرحلُ لا أريد بقائي....فهنا ولدت ُ بدمعتي وشقائي

عذرا ً سأرحلُ لاأريد محبةٍ...في عالم ِالانذال والسفهاءِ

فهنا يموتُ الكبرياء ُبداخلي...وهنا أعيش ُ بحسرةِ الغرباءِ

حتى التي أحببتها بمدامعي....طعنتني في قلبي وفي أحشائي

تبا لكل الشامتين بجرحنا....وبدمعة ِ الابطــــــــال والعظماء
ِ
فأنا الذي عاش الحياة مشقة.... ٍوحلمت أن أبقى من الشعراء ِ

وأنا الذي عاش السنين بقلبهِ...نارٌ تشـــــــب ُ بفرحة ِ الفقراء ِ

لاحلم في الدنيا أعيش ُ لاجلهِ...فغدا سأرحل ُعن مكان عنائي

لادمع ينفع في فراق أحبتي.....فالروح ُ تخرج ُلا ترى أشلائي

وحلمت ُ بالموت الذي يجتاحني....جاء ليأخذ فرحتي وهنائي

فرثيت ُ نفسي لا أريد بقائها ....في عالم ِالانذال ِ والرخصاء ِ

فهنا يموت ٌ الحر ٌفي أحشائه ِ..والحب ُ محتقرٌ من الجبنائي

اني سألعن نفسي في محبتها ..في حبها الملعون للخبثاء ِ


عذراً سأرحل ُ لا أريد ُ بقائي....فهنا أموت بحسرتي ورثائي

حمزة عبد القادر البرغوثي –رام الله – فلسطين

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home